Cara Melakukan Mirror di SketchUp

Pelajari cara melakukan mirror objek dengan mudah di SketchUp untuk meningkatkan efisiensi dalam desain 3D.

Dalam tutorial ini Anda akan belajar cara mencerminkan objek atau geometri yang dipilih di SketchUp. Ini adalah penghemat waktu untuk objek yang simetris. Dalam hal menjadi produktif, mengetahui di mana, dan kapan, untuk mencerminkan objek dapat menghemat banyak waktu. Ada beberapa cara untuk melakukan Mirror di SketchUp.


Menggunakan Alat Scale

Metode ini merupakan pendekatan yang paling umum. Cepat, sederhana, dan efektif di sebagian besar skenario. Untuk mencerminkan objek dengan Scale Tool, Caranya:

  1. Anda harus select objek terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya Anda perlu menyalin objek itu. Cara tercepat untuk menduplikasi ini adalah dengan menggunakan Move Tool + Ctrl.
  3. Dengan posisi sudah terduplikat, gunakan alat Scale, kemudian Anda dapat Menskalakan secara negatif untuk mencerminkan objek aslinya (gunakan skala -1 agar dimensinya sama). Pastikan Anda mengambil pegangan penskalaan yang benar.

Menggunakan Perintah Flip Along

Menggunakan perintah Flip Along bahkan lebih cepat, caranya dengan:

  1. Buat duplikat jika diperlukan.
  2. Dengan objek yang dipilih, klik kanan > Flip Along.

Menggunakan Plugin Mirror

Untuk mencerminkan objek dengan Mirror, Anda harus mengunduh plugin Mirror terlebih dahulu. Setelah itu, Anda hanya perlu:

  1. Select objek, lalu klik ikon Mirror.
  2. Gambarkan lokasi cermin.
  3. Ketika muncul pop-up, tekan No agar objek asli tidak hilang. Kemudian, objek yang dicerminkan otomatis muncul.

Itulah beberapa cara melakukan mirror di SketchUp. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang ingin membuat objek simetris dengan cepat dan mudah. Dengan melakukan mirror, Anda dapat menghemat waktu dan mempercepat proses desain 3D.